Current Promotion

Tips Menggunakan Setrika yang Benar

Tanggal : 05 Desember 2016 Lokasi : Jakarta
*) Klik gambar untuk melihat lebih besar

Tips Menggunakan Setrika yang Benar

Tanggal : 05 Desember 2016 Lokasi : Jakarta

Mencuci, menjemur, dan menyetrika memang aktivitas yang memakan waktu. Namun hal ini harus tetap dikerjakan bukan, yang kerap membuat kesal adalah meski sudah memakan waktu, hasilnya kadang tetap kurang maksimal dan pakaian tetap kusut dan berbau tidak sedap serta bahannya malah menjadi mengilap. Selain mencuci secara benar, ternyata Sanken Mania juga perlu memeriksa kembali cara penggunaan setrika untuk mendapatkan hasil setrika terbaik.

Oleh karena itu, kami mencoba memberikan beberapa tips mulai dari cara menggunakan mesin cuci, cara menjemur, hingga cara menggunakan setrika yang benar.

Cara Mencuci dan Menjemur untuk Mencegah Baju Kusut

  1. Hindari menjejali tabung mesin cuci dengan terlalu banyak cucian. Jika tabung mesin cuci terlalu penuh, cucian tidak mendapat cukup ruang untuk bergerak dan bergesekan satu sama lain. Selain itu, kondisi berdesakan bisa menghasilkan cucian yang lebih kusut.
  2. Sanken Mania bisa menambahkan cairan pelembut dan pewangi cucian sesuai selera. Cairan pelembut memberikan lapisan pada permukaan kain sehingga lebih licin dan mudah disetrika.
  3. Segera keluarkan cucian setelah mesin cuci selesai berputar. Cucian yang dibiarkan terlalu lama menumpuk dalam kondisi lembap di dalam mesin cuci akan semakin kusut ketika dikeluarkan. Selain itu, cucian akan kembali menjadi berbau tidak sedap jika tidak segera dikeluarkan dan dikeringkan.
  4. Jika masih ada kelebihan air pada cucian, Sanken Mania perlu memerasnya tanpa memelintirnya. Cara terbaik memeras cucian adalah dengan menekan atau menggenggamnya erat-erat.
  5. Kibaskan cucian untuk melepas kerutan-kerutan dan lipatan-lipatan, lalu jemur terbentang pada tali jemuran. Pastikan cucian tidak berkerut di atas tali jemuran karena kerutan akan kelihatan setelah cucian kering dan sulit disetrika.

Petunjuk di atas berlaku untuk pakaian secara umum. Tentunya Sanken Mania dianjurkan membaca petunjuk perawatan setiap pakaian untuk mengetahui cara mencuci dan mengeringkan pakaian tersebut secara lebih khusus.

Cara Menyetrika yang Benar

Sebagian jenis pakaian tidak perlu disetrika, misalnya pakaian dalam, kaus oblong bersablon, jeans, dan celana pendek yang bisa menjadi cukup rapi ketika disimpan bertumpuk atau berimpitan di lemari gantung, asalkan Sanken Mania melipatnya secara rapi. Sedangkan pakaian yang perlu disetrika antara lain kemeja dan celana panjang berbahan kain biasa. Kedua jenis ini perlu disetrika agar lebih halus dan rapi untuk dikenakan ke kantor atau ke sekolah. Perhatikan petunjuk berikut ini untuk mencegah kemeja dan celana panjang menjadi mengilap. Mengilap dalam hal ini bukanlah sesuatu yang baik karena kain menjadi rusak dan menipis.

  1. Baca buku petunjuk penggunaan setrika untuk mengetahui cara mengoperasikan setrika, pilihan pengaturan suhunya, dan kemungkinan air yang diperlukan untuk menghasilkan uap.
  2. Periksa petunjuk perawatan pada label kemeja dan celana panjang untuk mengetahui suhu setrika yang cocok dipakai.
  3. Gunakan alas yang baik, bisa berupa tumpukan beberapa lapis kain tebal atau meja setrika yang bisa dibeli di toko-toko.
  4. Nyalakan setrika dan pilih suhu yang sesuai dengan bahan kemeja atau celana panjang.
  5. Gelar celana panjang dan tutup dengan selembar kain pelapis, lalu setrika di atas kain pelapis tersebut sehingga setrika tidak bersentuhan langsung dengan bahan celana dan mencegahnya menjadi mengilap. Sanken Mania bisa memakai sarung bantal atau serbet sebagai pelapis. Jika Sanken Mania memakai setrika uap, semprotkan uap pada celana sebelum menutupnya dengan pelapis.
  6. Cara lain yang bisa Sanken Mania lakukan adalah menyetrika sisi dalam kemeja dan celana panjang.
  7. Menyetrika harus dimulai dari pakaian yang membutuhkan suhu rendah dan berakhir dengan pakaian yang membutuhkan suhu lebih tinggi. Berikut urutannya berdasarkan bahan: asetat, nilon/poliester, akrilik, wol, sutra, linen, dan katun. Meskipun begitu, tetap ikuti petunjuk pada label pakaian.
  8. Hindari menyetrika di atas kancing, ritsleting, dan sablon.

Apakah Sanken Mania terinspirasi untuk menyetrika hanya jenis-jenis pakaian tertentu? Yuk berbagi jenis-jenis apa saja yang Sanken Mania setrika dan tips menyetrika lainnya.

Suorce : rinso.co.id

Promo Lainya

Tips Cara Membersihkan Kulkas

16 Agustus 2017 Jakarta

Pada saat membersihkan dapur, sering muncul pertanyaan cara membersihkan kulkas secara efektif dan efisien. Kulkas merupakan tempat m...

Cucian Numpuk Ini Solusinya

15 Agustus 2017 Jakarta

Akhir pekan biasanya selalu diakhiri dengan cucian yang menumpuk. Terutama bila Anda menghabiskannya dengan beraktivitas di luar rumah, apalagi jika d...

Tips Merawat Dispenser

14 Agustus 2017 Jakarta

Anda yang menggantungkan pada ketersediaan air minum pada air minum kemasan dalam galon biasanya memiliki water dispenser untuk memudahkan Anda mengam...

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

12 Agustus 2017 Jakarta

Kurma merupakan buah favorit yang banyak dikonsumsi pada bulan Ramadan. Tapi tahukah Anda, ternyata buah manis ini tidak hanya sekadar kaya asupan giz...

Tips Menumis dan Memasak Sayuran di Magicom atau Supercom Sanken

12 Agustus 2017 Jakarta

Untuk menumis sayuran di magicom atau supercom sebaiknya simak beberapa tips berikut : Untuk menumis perlu dilakukan saklar cook terus-menerus untu...

Mengapa Stainless Steel Tidak Berkarat

19 Juli 2017 Jakarta

Stainless Steel dapat bertahan dari serangan karat berkat interaksi bahan-bahan campurannya dengan alam. Stianless steel terdiri dari besi, krom, mang...

Supercom Sanken, Masak Jadi Mudah Buat Semua

19 Juli 2017 Jakarta

Sudah tahu jika Supercom Sanken juga bisa digunakan untuk menggoreng? Jika belum, mari mengenal Supercom Sanken lebih detail lagi. Supercom Sanken ...

Biar Interior Rumah Tetap Cantik Jangan Salah Pilih Kulkas

17 Juli 2017 Jakarta

Sebagai tempat penyimpanan utama makanan dan minuman di rumah, lemari es menjadi kebutuhan utama dalam rumah tangga. Selain menjaga bahan makanan teta...