Current Promotion

Fakta Tentang Kualitas Udara Dalam Ruangan

Tanggal : 15 November 2016 Lokasi : Jakarta
*) Klik gambar untuk melihat lebih besar

Fakta Tentang Kualitas Udara Dalam Ruangan

Tanggal : 15 November 2016 Lokasi : Jakarta

 

FAKTA-FAKTA TENTANG KUALITAS UDARA DALAM RUANG

 

  1. Menurut American College of Allergies, 50% dari seluruh  penyakit disebabkan oleh   tersemarnya udara dalam ruang.
  2. The Environmental Protection Agency (EPA)  sendiri menyatakan bahwa udara dalam ruangan  dimanapun juga, 2-10 kali lebih berbahaya disbanding udara luar ruangan.
  3. The EPA juga  mengingatkan bahwa kualitas udara dalam ruangan merupakan masalah kesehatan  lingkungan nomor satu di Amerika Serikat.
  4. Bangunan rumah dan gedung saat ini dibangun sempit dengan  berbagai sumber masalah pencemaran. Sebagai hasilnya,  sumber alami pembersih udara (seperti ozon dan ion negatif) teringkir sedangkan sumber pencemar tetap bertahan.  
  5. Studi terakhir menemukan bahwa tingkat alergi tingkat alergi dalam rumah yang tertutut rapat 200% lebih tiniggi dari rumah pada umumnya.
  6. Berdasarkan penelitian di Amerika, bayi yangmerangkan di lantai  menghirup udara setara dengan 4 batang rokok sehari, karena karpet yang berjamur, lumut, jamur, debu danlain-lain.
  7. Sebagian besar orang menghabiskan 90% waktunya dalam ruangan. Dengan demikian udara dalam ruangan lebih mempengaruhi kesehatan kita dibandingkan udara luar ruangan.
  8. The EPA menginformasikan 6 dari 10 rumah dan bangunan dikategorikan tidak sehat yang berarti rumah dan bangunan tersebut membahayakan bagi kesehatan orang yang menetap didalamnya.

 

Fakta lainnya sehubungan dengan Kualitas Udara dalam Ruangan

  1. Kasus asma  meningkat lebih dari 100% sejak tahun 1976.
  2. 1 dari 9 anak menderita  asma
  3. Sejak tahun 1976 rata-rata  kematian karena asma meningkat tiga kali lipat dan lima kali lipat untuk anak yang berusia 5 sampai 9 tahun.
  4. Rata-rata kunjungan ke rumah sakit dan ke dokter juga terus meningkat secara dramatis.

 

Sumber-sumber umum Polusi Udara dalam Ruangan di rumah dan Gedung 

 

  1. Manusia

Seklitar 80%  benda yang terlihat melayang laying diudara adalah serpihan kulit mati manusia.  Kita hanya mampu melihat 10% dari pencemar yang sesungguhnya ada di udara.  Kulit mati manusia merupakan makanan utama dari  kutu debu.  Ion negatif menghilangkan kulit mati, kutu debu dan bakteri lain  di udara  yang dihirup manusia.  Sedangkan ozon menghancurkan bakteri –bakteri tersebut.

 

 

 

  1. Debu

Sekitar 20 Kelapa Gading debu dihasilkan setiap 1500 feet persegi setiap tahunnya.  Masing-masing jenis debu  membawa sekitar 40000  kutu debu dan berbagai jenis penyakit yang disebabkan viru dan bakteri. Ion negatif juga menyingkirkan partikel debu dari udara  dan residu yang berada di dalamnya. Ozon memusnahkan  mikroorganisme yang dibawa oleh debu.  Serbuk, rerumputan dan bermacam-macam penyebab alergi  selalu menemukan jalan untuk masuk ke dalam rumah.

 

  1. Karpet, kayu dan material bangunan lainnya 

Bau baru seperti pada karpet baru, dinging yang baru dicar, rumah baru, ruang yang baru di renovasi dan lain-lain sesungguhnya mengandung bahan kimia yang di gunakan untuk  merawatnya. Lantai kayu  lebihbaik dari  karpet walupun karpet lebihkuat. Ozon mengoksidasi bahn kimia yang ada pada bahan2 tersebut diatas sehingga menjadi tidak beracun.

 

  1. Kasur dan furniture

Bahan ini dipelihara oleh  bahan kimia, dimana  baunya dapat terhirup ketika kita bernafas.  Namun bahan kimia ini dapat dioksidasi  oleh ozon.

 

  1. Bantal dan Selimut; 

Kutu  debu  mengandung 50% dari berat bantal rata-rata bantal.

 

  1. Sistem HVAC 

Pipa udara berfungsi sebagai tempat yang subur untuk berkembang biak  spora jamur.

 

  1. Bahan pembersih peralatan rumah tangga, aerosol, insektisida, pestisida

Kita meracuni udara yangkita hirup sendiri ketika kita menggunakan  bahan bahan diatas.

 

  1. Barang dan lingkungan yang lembab

Spora jamur, bakteri dan lumut tumbuh di  handuk  lembab, baju mandi dan area lembab.  Ozon menghancurkan  jamur dan bakteri sedangkanion negatif   menghilangkan  spora jamur yang  melayang di udara.  Anak-anak  yang berada di rumah  yang lembab memiliki gejala  batuk batuk 300% lebih besar dari rata-rata.

 

  1. Hewan peliharaan

Bau atau debu debu yangberasal dari hewan peliharaan  merupakan pemicu yang paling umum  utnuk alergi dan asma. Ditambah lagi dengan  kotoran hewan yang menambah tingkat pencemaran udara. 

 

 

 

 

 

  1. Serangga dan  hama lainnya.

Kotoran serangga dan hama merupakan penyebab alergi yang sangat  dahsyat.   Studi terakhir oleh New England journal of Medicine, menunjukkan  bahwa   lebih dari  separuh rumah tangga yang diuji  didalamnya terdapat  banyak sekali kecoa.  Anak-anak yang tinggal dirumah seperti ini    memilki kemungkinan  tiga kali lebih besar dari biasanya  untuk  di rawat dirumah sakit karena mengidap asma.

 

  1. Merokok

Merokok dirumah atau kendaraan  membuat  udara yang dihirup mengandung  lebih dari 3600 racun penyebab kanker. Racun ini  melekat pada  pakaian dan tertinggal di rumah atau gedung yang kita masuki.

 

  1. Kendaraan

Studi terbaru  menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat mendapatkan udara yang tercemar ketika memasuki kendaraan. Serbuk dan debu terintegrasi dalam system  AC kendaraan. Ditambah lagi dengan asap  buangan  yang mudah masuk kedalam kendaraan.

 

  1. Sumber lainnya;

Parfum, lilin,  obat semprot, asam pembakaran kayu, tungku(perapian), bau busuk, bahan kimia dari foto, lapisan keramik, cat minyak, kloset berdebu, jendela plastik, mainan sintetik,  wallpaper yang berdebu atau berjamur, kosmetik, produk perawatan kuku, lilin wangi.

 

 

Ionisasi Udara (Penyaringan  Ion Udara)

 

Studi  Membuktikan  Efektivitas Ion Negatif

 

Departemen Pertanian Amerika (USDA)

Studi terakhir dari USDA  menemukan bahwa  mengionisasi ruangan  dapat mengurangi 50%  debu di udara dan 95% bakteri  di udara.  

 

USDA juga melakukan studi  yang menguji efektivitas ion negatif  dalam menghilangkan salmonella enteridis.   Ion negatif  secara drastis dapat mengurangi  partikel salmonella di udara.  Berikut saran dari USDA:

“ Hasil studi menyatakan bahwa ionisasi ion negatif  memberikan dampak yang signifikan pada muatan mikrobiologi di udara pada rumah peternakan.  Dan mengurangi  bahaya mikrobiologi melalui pembunuhan organisme tersebut secara langsung.”

 

 

 

 

 

 

Majalah Good Houskeeping

Pada maret 1999, majalah good housekeeping  meminta  tim engineer-nya untuk menguji  ionizer dengan menggunakan tes merokok dan menemukan bahwa  ionizer  membersihkan asap rokok di tank.

 

Badan  Litbang  Pertanian USDA

Badan Litbang Pertanian USDA  menguji  efektivitas ionizer dalam menghilangkan debu di   rumah pembibitan ikan.  Debu berada dalam tingkat yang tinggi di lingkungan seperti rumah pembibitan ikan.  Studi menunjukkan bahwa penggunaan ionozer dapat menghasilkan efeisiensi  rata-rata antara 81.1 – 92.2 % dalam menghilangkan  debu.  Penyebaran salmonella  juga secara signifikan dapat dikurangi dengan penggunaan ionizer.

 

Jurnal Kesehatan 

Para ilmuwan  menunjukkan bahwa ionisasi dapat mengurangi jumlah bakteri  pada  operasi plastik dan luka bakar sampai 96% pada periode dua minggu setelah operasi.

Sehingga dapat  mempercepat proses penyembuhan pasien.

 

Jurnal  Mikrobiologi Terapan

Para ilmuwan menemukan bahwa penggunaan ion negatif  dapat mengurangi keberadaan virus sekitar 40%.  Studi yang dilakukan pada 1987 juga menunjukkan bahwa  ion negatif  bebas dari berbagai  efek samping.  

 

Keilmuan

Studi pada tahun 1976 membuktikan bahwa ion negatif dapat memiliki efek membasmi  secara biologi pada mikroorganisme udara. 

http://www.sanken.co.id/promo-terkini.html

 

 

 

 

 

 

 

Promo Lainya

Promo Sanken Shopping Day 10.10

10 Oktober 2017 Jakarta

Dapatkan berbagai produk Sanken dengan harga spesial 10.10 kunjungi official store kami di Blibli , Lazada , Jd.id dan Shopee belanja sekarang! ...

Begini Cara Hemat Listrik Untuk Rumah yang Punya AC

26 September 2017 Jakarta

Ketika sebuah rumah sudah tertata dengan rapi dan bersih, rasanya belum lengkap jika belum dipasang AC di dalamnya. Pasalnya, ketika menjelang siang h...

6 Hal Yang Bikin Betah di Rumah

26 September 2017 Jakarta

 Rumah yang baik adalah rumah yang dapat memberikan energi positif dan dapat membuat penghuninya merasa bahagia. Sayangnya kebanyakan orang hanya ter...

Mencuci Bersih dengan Mesin Cuci Dua Tabung Sanken

25 September 2017 Jakarta

Terlihat semua mesin cuci sama, tapi apakah hasil cuciannya sama? Tentu berbeda. Banyak orang membeli mesin cuci 2 tabung karena harganya yang lebih m...

Supercom Sanken, Masak Jadi Mudah Buat Semua

25 September 2017 Jakarta

Sudah tahu jika Supercom Sanken juga bisa digunakan untuk menggoreng? Jika belum, mari mengenal Supercom Sanken lebih detail lagi. Supercom Sanken ...

Tiga Alasan Anda Perlu Beralih Menggunakan Mesin Cuci

25 September 2017 Jakarta

Beberapa orang lebih memiih mencuci baju secara manual atau menggunakan tangan, alasannya pun beragam, mulai dari jumlah cucian yang sedikit atau meng...

Menu Bekal Praktis Buat Si Super Sibuk Lebih Lezat dan Hemat

25 September 2017 Jakarta

Kegiatan sehari-hari yang padat nggak jarang bikin kamu sampai nggak punya waktu buat diri sendiri. Bahkan kadang jam makan siang aja terlewat karena ...

Cara Merayu Si Dia Membantu Pekerjaan Rumah Tangga Udah Coba

25 September 2017 Jakarta

Jadi pasangan muda yang baru membangun rumah tangga emang jadi tantangan tersendiri. Banyaknya aktivitas sehari-hari bikin kamu sering kewalahan menga...